MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku berupaya melancarkan transportasi logistik, karena diyakini menjadi acuan bangkitnya perekonomian Indonesia di tengah pandemi covid-19.

“Transportasi logistik adalah darah dari semua kegiatan dari kegiatan warga dan menjadi lokomotif serta penopang sektor lainnya untuk terus bergerak. Kami berupaya pelayanan transportasi logistik terus berjalan,” kata Budi dalam keterangannya, Senin (7/6).

Menhub mengatakan, meski pemerintah berupaya menangani pencegahan penyebaran virus covid-19. Namun di sisi lain, pemerintah tengah berupaya membangkitkan perekonomian, dengan menerbitkan sejumlah regulasi 

“Kemenhub mendukung kebijakan tersebut melalui berbagai program, diantaranya melalui subsidi baik angkutan penumpang maupun angkutan logistik,” ucap Budi. 

Kemenhub juga mendorong revitalisasi dan pembangunan infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di berbagai wilayah Indonesia, guna semakin melancarkan pergerakan manusia maupun logistik.

Budi menyampaikan, di masa pandemi, aktivitas sektor logistik tetap berjalan relatif stabil dan aktivitas belanja daring semakin meningkat.

Baca juga : Kemenhub Siapkan Sarana Prasarana Pelabuhan Patimban

“Untuk itu, Kemenhub akan terus melakukan pembangunan infrastruktur di tengah pandemi agar pasokan distribusi logistik untuk melayani masyarakat dapat dilakukan lebih efektif dan efisien,” tutur Menhub.

Staf Khusus Menhub Bidang Komunikasi dan Bidang Komunikasi dan SDM Adita Irawati menjelaskan, ada dua strategi yang dilakukan Kemenhub dalam rangka mendukung kelancaran distribusi logistik.

Pertama ialah mengurangi biaya logistik dengan memotong rantai pasokan yang dapat membebani biaya logistik, melalui perbaikan proses bisnis kinerja dan menciptakan ekosistem logistik nasional yang terintegrasi. 

Kedua, mengembangkan sistem transportasi yang lebih terintegrasi dengan kawasan industri dan terintegrasi dengan moda transportasi lain. 

“Misalnya antara tol laut dengan jembatan udara harus terintegrasi agar distribusi logistik sampai ke daerah pedalaman Papua,” tutur Adita. (OL-7)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *