Tokoh Perumahan Itu Berpulang, Ini Berbagai Warisan Untuk Perumahan Rakyat
Tokoh Perumahan Itu Berpulang, Ini Berbagai Warisan Untuk Perumahan Rakyat

RumahCom – Tokoh perumahan Budi Prayitno berpulang meninggalkan kesan mendalam khususnya berbagai pemikiran di sektor perumahan rakyat. Semasa hidupnya, Budi telah banyak memberikan masukan kepada Kementerian PUPR mulai pengentasan kawasan kumuh hingga strategi untuk mengurangi backlog perumahan dengan cepat.

Dunia perumahan rakyat kembali berduka dengan wafatnya tokoh perumahan Prof. Dr.Ir. Budi Prayitno, M.Eng yang kerap memberikan berbagai masukan maupun kritik terkait program perumahan. Menurut Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid, almarhum Budi Prayitno telah meninggalkan banyak warisan khususnya untuk mendorong pelaksanaan pembangunan program sejuta rumah.

“Kami berharap para pemerhati serta pengamat perumahan di Indonesia bisa terus memberikan masukan serta hasil riset terkait program perumahan sebagaimana Prof. Budi saat hidupnya. Hal ini supaya program perumahan bisa terus berjalan karena program ini sangat penting untuk penyediaan hunian layak bagi masyarakat,” ujarnya.

Khalawi juga menyebut sumbangsih Budi Prayitno dalam pengembangan program perumahan di Indonesia sangat banyak. Beliau sangat aktif memberikan kritik dan saran serta berbagai ide kepada Kementerian PUPR dan ikut memberikan masukan supaya masyarakat bisa memiliki hunian yang baik.

Almarhum yang juga aktifis di bidang perumahan dan salah satunya melalui keaktifannya di Lembaga Pengkajian Perumahan dan Pengembangan Perkotaan Indonesia (LPP3I) atau The Housing and Urban Development (HUD) Institute. Direktur Perencanaan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga sekaligus Ketua Dewan Pakar The HUD Institute.

Khalawi mengenang sosok Budi yang sangat aktif dan kreatif melakukan berbagai riset terapan dan pengembangan kajian pemukiman dan perkotaan baik untuk skala daerah maupun nasional. Dari perjalanan karirnya, ada begitu banyak inovasi Budi yang mendorong untuk pengentasan masyarakat dari kondisi pemukiman kumuh sekaligus untuk mendorong perekonomian masyarakat di kawasan kumuh tersebut melalui berbagai program pendampingan.

Berbagai pemikiran yang kerap disampaikan kepada Kementerian PUPR sangat menunjukan keberpihakan Budi pada masyarakat miskin yang membuat sosok ini merupakan seorang akademisi sekaligus teknokrat yang memiliki sisi humanis. Ada begitu banyak masukan yang telah diberikan khususnya untuk pengentasan kemiskinan di kawasan kumuh.

“Tentunya kami di Kementerian PUPR sangat mengapresiasi berbagai masukan yang sangat inovatif, kreatif dan bermanfaat bagi kementerian seperti ide-ide beliau mengenai rumah susun, rumah khusus, hingga konsep hunian berskala besar. Ini menjadi kehilangan besar dan duka mendalam khususnya bagi sektor properti tanah air,” imbuh Khalawi.

Sekretaris Umum The HUD Institute Muhammad Joni menambahkan berbagai kesan mendalam atas wafatnya Prof. Budi. Menurutnya, berbagai kiprah serta pemikiran Budi  Prayitno telah menjadi panutan bagi banyak pengamat maupun peneliti di bidang perumahan khususnya untuk sektor perumahan rakyat.

“Prof. Budi orang yang sangat menularkan kebaikan, teladan, dan komitmen pada urusan perumahan dan pemukiman masyarakat bawah. Salah satu pendapat dan inspirasi beliau yaitu co-habitation serta industrialisasi perumahan yang diperlukan untuk keterjangkauan dan efisiensi sehingga upaya untuk memperkecil backlog perumahan bisa diatasi dengan gerak cepat dan tetap terjangkau,” kenangnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *