TNI Angkatan Laut membangun monumen untuk mengenang peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di Laut Bali. Monumen dibuat di dermaga Satuan Kapal Selam Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur. 

Pembangunan monumen ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Staf Angkatan laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, Kamis (3/6). “Monumen KRI Nanggala-402 dibangun di lokasi area Ghoravira Madyajala Koarmada II dengan luas 842.5 M2,” kata Yudo Margono.

Monumen akan dibangun dengan konsep Area Outdoor berupa landscape dan hall of fame, dan konsep Area Indoor berupa infografis tentang KRI Nanggala. “Sementara proses pembangunan menurut keterangan  Kadisjarahal, akan memakan waktu kurang lebih tiga bulan,” ujarnya.

Menanggapi pembangunan monumen, Kasal mengungkapkan jika para prajurit yang gugur bersama KRI Nanggala di perairan utara Pulau Bali, dharma  baktinya kepada negara dan bangsa akan dikenang nantinya di monumen ini.

“Besar monumen 1 berbanding 1. Jadi persis dengan besarnya KRI Nanggala. Didalamnya akan kita rancang juga dengan berbagai kenangan, operasi yang  telah dilaksanakan, termasuk sejarah pembangunannya dan juga para syuhada yang gugur bersama KRI Nanggla pada 21 April lalu,” katanya. (OL-15)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *