TERMINAL Kampung Rambutan menggelar vaksinasi untuk pekerja sektor transportasi hari ini. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ada 5.000 pekerja operator angkutan umum yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada tahap awal ini.

“Per pagi ini bertahap 500 orang dulu. Tadi sudah ada 550 orang yang mendaftar sampai nantinya target 5 ribu orang,” kata Syafrin saat ditemui Media Indonesia di Terminal Kampung Rambutan, Kamis (10/6).

Kegiatan itu juga turut ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo pagi tadi. Jarak vaksinasi covid-19 antara penyuntikan tahap 1 dan tahap 2 adalah dua bulan. Vaksin disediakan oleh Kementerian Kesehatan namun tetap bekerja sama dengan Pemprov DKI.

“Untuk yang belum pernah dapat vaksin, belum atau tidak sedang terkena covid-19 dalam jangka waktu tiga bulan boleh melakukan penyuntikkan di sini. Tapi untuk yang penyuntikan tahap 2 tidak bisa di sini, harus di tempat penyuntikan tahap 1 yang sebelumnya,” terangnya.

Syafrin menjelaskan, operator angkutan umum dapat mengajukan daftar dan jumlah karyawan untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Setelahnya, Dishub DKI Jakarta akan melakukan verifikasi data itu. Setelah disetujui, para pekerja itu dapat mendatangi lokasi vaksin di Terminal Kampung Rambutan.

“Sentra vaksin untuk pekerja transportasi kita adakan di sini saja, tidak ada di terminal lain,” paparnya.

Syafrin menambahkan, jumlah target pekerja transportasi yang memperoleh vaksinasi melalui Dishub DKI ini bisa terus bertambah jika dibutuhkan.

Menurut dia, sudah banyak operator atau perusahaan transportasi yang menyelenggarakan vaksinasi covid-19 semisal PT TransJakarta, PT LRT Jakarta, dan PT MRT Jakarta serta perusahaan aplikasi angkutan umum daring. (Put/OL-09)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *