Rp10 Triliun Untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Pembiayaan Perumahan
Rp10 Triliun Untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Pemerintah kembali menyalurkan dana kepada Bank BTN yang digunakan untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi nasional. Bank BTN telah mendapatkan penyertaan dana pemerintah hingga empat kali dengan nilai puluhan triliun dan mayoritasnya difokuskan untuk pembiayaan perumahan.

Pemerintah kembali menyalurkan penyertaan modal negara (PMN) untuk Bank BTN yang fokus  pada pembiayaan perumahan khususnya segmen menengah ke bawah. Tidak tanggung-tanggung, PNM yang diberikan kepada Bank BTN nilainya mencapai Rp10 triliun untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Dana sebesar ini selanjutnya akan dimaksimalkan hingga tiga kali lipat untuk pembiayaan sektor perumahan yang akan didorong hingga enam bulan ke depan. Menurut Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo, penempatan dana ini merupakan yang keempat kalinya yang disalurkan untuk Bank BTN dan ini sejalan dengan core business perusahaan.

“Bank BTN akan memfokuskan penyaluran dana ini untuk sektor pembiayaan perumahan sehingga akan lebih banyak lagi rumah yang bisa disalurkan. Kita tahu sektor perumahan ini merupakan salah satu kebutuhan yang mendesak terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Penyertaan dana untuk Bank BTN ini juga dinilai tepat karena sektor perumahan merupakan lokomotif perekonomian yang akan mendorong hingga 174 industri lainnnya. Haru menjelaskan, hingga Mei 2021 Bank BTN telah menyalurkan kredit PEN senilai Rp54,41 triliun.

Dana penempatan sebesar ini perinciannya dilakukan penempatan pada periode pertama dan kedua. Bank BTN telah menyalurkan dana PEN tersebut kepada 108 ribu debitur dengan nilai nominal mencapai Rp36,6 triliun per 31 Desember 2021. Mayoritas penyaluran kredit ini juga bermuara kepada sektor perumahan dengan porsi mencapai 85 persen dari total portofolio.

Banyak lika liku yang dihadapi saat membeli rumah namun tetap bisa terwujudkan. Simak cerita para pencari rumah di video singkat berikut ini.

Dana PEN yang disalurkan Bank BTN juga telah disalurkan dalam bentuk kredit yang tersebar hingga ke-33 provinsi di Indonesia. Sementara itu  untuk penempatan dana PEN ketiga telah disalurkan Bank BTN kepada lebih dari 53 ribu debitur dengan total nilai kredit mencapai Rp17,81 trilin hingga 4 Mei 2021.

Dari total penyaluran kredit sebanyak ini, hampir seluruhnya atau 93 persen disalurkan kepada sektor perumahan. Bank BTN juga akan fokus pada penyalurann KPR di luar wilayah Jakarta maupun Bodetabek untuk terus meningkatkann pemulihan ekonomi di luar ibukota negara.

“Kami juga mencatat, sebanyak 82 persen dari total kredit yang disalurkan itu di luar Jakarta. Kami terus berupaya supaya penyaluran PMN ini bisa maksimal untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional salah satunya dengan penyaluran yang lebih merata khususnya di luar wilayah Jabodetabek,” beber Haru.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *