PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat ini sedang mengemban visi Membangun Desa Menata Kota untuk mendorong percepatan pembangunan di kawasan pedesaan. Hal itu mengingat masih ada 5.417 desa yang belum mampu berdiri sendiri dengan kondisi pembangunan yang masih tertinggal.

Menurut Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah konsep “Membangun Desa Menata Kota” diyakini akan mampu membangkitkan gairah perekonomian hingga ke daerah pelosok. Menurutnya, kendati potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia sudah relatif cukup baik, tetapi belum semua desa mampu mandiri.

“Dana yang diberikan oleh pemerintah pusat sangat berpengaruh untuk pertumbuhan ekonomi di desa. Namun tidak sedikit yang pengelolaannya belum sesuai harapan pembangunan di tingkat provinsi, kabupaten maupun desa itu sendiri,” katanya, Selasa (15/6).

Karena itu dia berharap juga revisi Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa dapat membawa perubahan yang baik, khususnya dari sisi kesejahteraan masyarakat. Beberapa hal yang menurutnya perlu diperbaiki salah satunya kawasan pedesaan yang lokasinya jauh dari ibu kota dan masih kesulitan akses jalan. Karena itu dia berharap RUU Desa setelah direvisi akan mampu membawa pemerataan pembangunan di kawasan-kawasan terpencil. (OL-15)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *