SEJUMLAH baliho berisi gambar Ketua DPR RI Puan Maharani dan pesan dukungan politik mulai marak terpampang di sejumlah daerah. Hal itu dinilai menunjukan masyarakat semakin berani mendorong putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu untuk maju dalam kontestasi politik 2024.

“Itu pertanda mulai muncul dukungan di daerah-daerah agar Puan maju 2024. Apalagi pada saat bersamaan Puan mulai rajin safari politik ke berbagai daerah,” ujar Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Adi Prayitno, Jakarta, Senin (14/6).

Menurut dia, pesan dari media tersebut menjadi penegasan Puan mendapatkan sokongan moril dari masyarakat. Sambutan masyarakat menjadi jawaban positif atas aktivitas Puan yang sering turun ke daerah.

“Bak gayung bersambut, dukungan mulai muncul dan mulai mulai roadshow,” ungkapnya.

Sedangkan, pengamat komunikasi politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing mengatakan baliho yang dipublikasikan sejumlah masyarakat mampu meningkatkan kesadaran atau popularitas yang positif bagi Puan.

“Dengan popularitas yang positif ini, tentu titik awal mendorong kesukaan publik kepada Puan, kemudian dapat mendongkrak elektabilitas,” terangnya.

Ke depan, kata dia, perlu dikomunikasikan kepada publik keberhasilan Puan saat menjadi anggota DPR RI, Ketua Fraksi PDIP, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Ketua DPR RI.

“Selain itu, Puan perlu lebih intensif berkomunikasi langsung dengan seluruh rakyat dalam memperbincangkan permasalahan-permasalahan yang nyata. Itu terutama penanganan covid-19 dan peningkatan ekonomi rakyat,” pungkasnya.

Baca juga: Popularitas Airlangga Naik, Golkar : Kami Baru Pemanasan Saja

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengaku mendukung Puan maju sebagai calon wakil presiden. Alasannya Puan paling laik maju dalam kontestasi politik mendatang.

Sikap berbeda diungkap politisi PDIP Effendi Simbolon yang mengatakan kemungkinan besar partainya bakal mengusung Puan sebagai calon presiden. Ia cenderung mendorong Puan Maharani berpasangan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kita sebagai kader semua punya ambisi. Kami juga aturan dan pakem juga. Itulah mudah-mudahan kombinasi Puan-Anies masih akan berlanjut, lihat nanti episode berikutnya,” ujar Effendi.

Sebagaimana diketahui, sejumlah baliho bergambar Puan mulai bermunculan sudah sejalan dengan pernyataan elite PDIP yang berniat mengusung sebagai kandidat di pilpres 2024. Baliho yang terpasang berukuran besar bergambar dua foto Puan Maharani berbaju merah mengepalkan tangan kanan diiringi tulisan, barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.

Di Surabaya, baliho terpasang di beberapa titik strategis, seperti kawasan Jalan Pasar Kembang, Dukuh Kupang, Gunung Sari, Jemur Handayani, Karah Agung, Menur Pumpungan, Kendang Sari dan lainnya. (P-5)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *