PropertyGuru Akuisisi iProperty dan thinkofliving Thailand, Sambut REA Group Sebagai Pemegang Saham Strategis
PropertyGuru Akuisisi iProperty dan thinkofliving Thailand, Sambut REA Group Sebagai Pemegang Saham Strategis

JAKARTA, 31 Mei 2021 – PropertyGuru Group (‘PropertyGuru’ atau ‘Grup’), perusahaan teknologi properti (‘Proptech’) terkemuka di Asia Tenggara sekaligus induk usaha Rumah.com dan REA Group (ASX:REA), sebuah bisnis digital global yang terdaftar di ASX yang mengkhususkan diri dalam pasar properti dan aset data, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian di mana PropertyGuru akan mengakuisisi seluruh saham di entitas operasi REA Group di Malaysia dan Thailand, yang mengoperasikan iProperty.com.my dan Brickz.my di Malaysia serta thinkofliving.com dan Prakard.com di Thailand. Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, REA Group akan menerima 18% kepemilikan ekuitas dalam PropertyGuru Group dan menunjuk seorang Direktur dalam Dewan. Transaksi ini diharapkan selesai pada bulan Juli 2021.

Akuisisi ini memperkokoh strategi PropertyGuru sebagai grup Proptech No. 1 di Asia Tenggara. Berasal dari Singapura, PropertyGuru menjalankan pasar properti terkemuka di lima ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Penambahan bisnis ini akan meningkatkan kemampuan PropertyGuru untuk memberikan akses yang transparan dan mudah kepada para pencari mudah ke kumpulan data, wawasan yang dapat ditindaklanjuti, dan layanan yang paling lengkap untuk mendukung aspirasi mereka untuk memiliki rumah di Asia Tenggara.

PG Primary Full Colour Logo - No BG

REA Group

PropertyGuru.com.my dan iProperty.com.my adalah dua pasar properti yang berkembang pesat dan terbaik di kelasnya di Malaysia. Kedua merek ini memiliki audiens yang unik dan saling melengkapi dan transaksi ini akan tetap mempertahankan kedua merek tersebut. Akuisisi ini akan memberikan keuntungan berikut:

  • Memungkinkan kedua perusahaan untuk menggabungkan sumber daya, mempercepat inovasi, dan menyediakan solusi digital yang lebih baik bagi para pencari rumah, agen dan pengembang properti.
  • Memungkinkan Grup untuk membagikan solusi data dan wawasan terbaik, serta memberikan transparansi dan akses yang lebih luas ke pasar properti Malaysia seiring upayanya untuk terus menyederhanakan proses pembelian bagi para pencari rumah.
  • Memanfaatkan basis pelanggan Grup yang lebih besar, akuisisi ini akan memfasilitasi inovasi yang lebih besar dan keterlibatan agen dan pengembang properti Malaysia yang lebih luas di ekosistem properti Asia Tenggara.

Akuisisi ini juga akan mempercepat ambisi PropertyGuru untuk menjadi “Platform Kepercayaan” untuk ekosistem properti: Sebuah platform yang menghubungkan pasar properti Asia Tenggara dengan ekosistem yang efisien yang membangun hubungan tepercaya antara agen, konsumen, pengembang, penilai dan bank dengan mendorong transparansi dan efisiensi yang lebih baik lagi.

Dengan kesuksesan bisnis REA Group di Malaysia dan Thailand, transaksi ini akan memberikan kepada REA kepemilikan saham strategis dalam perusahaan yang lebih besar dan lebih beragam di kawasan yang terus mengalami transformasi digital yang pesat di seluruh sektor real estate.

Olivier Lim -Chairman of the Board, PropertyGuru Group

Olivier Lim, Pimpinan Dewan, PropertyGuru Group, berkata, “Bagian penting dari kesuksesan PropertyGuru adalah fokusnya yang sangat terarah dalam mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan konsumen yang unik di kawasan kami dengan terus berinvestasi dalam inovasi. Sebagai perusahaan Proptech terkemuka di kawasan yang berbasis dan berasal dari Singapura, ini merupakan tonggak penting dalam sejarah PropertyGuru. Sebuah langkah yang menarik dan signifikan dalam visi kami untuk memberikan nilai yang lebih besar bagi pelanggan kami di pasar yang lebih luas di Asia Tenggara.  

Kami sangat senang menyambut REA Group – pemimpin global dalam industri properti digital – sebagai pemegang saham strategis, bergabung dengan para investor teknologi terkemuka lainnya, seperti KKR dan TPG. Wawasan REA Group yang mendalam di sektor ini akan meningkatkan kemampuan PropertyGuru. Kami menantikan untuk segera bekerja sama dan memenuhi semua preferensi konsumen yang sedang tren di Asia Tenggara. Ini akan semakin mempercepat digitalisasi sektor properti di kawasan yang menggairahkan ini,” kata Olivier.

Hamish McLennan, Pimpinan, REA Group, berkata, “Kami sangat senang bermitra dengan PropertyGuru – sebuah perusahaan proptech terkemuka di Asia Tenggara. Kami sangat terkesan dengan tim manajemen yang dipimpin Hari V. Krishnan, dan berharap dapat mendukung mereka dalam rencana ambisius mereka untuk digitalisasi industri properti di kawasan yang dinamis ini.”

PropertyGuru telah beroperasi di Malaysia selama satu dekade terakhir dan menjadi saksi pergeseran yang jelas dari preferensi konsumen ke solusi online yang mempermudah proses mencari dan membeli rumah. Kesuksesan PropertyGuru di Malaysia, dengan lebih dari 12 juta kunjungan bulanan, merupakan hasil dari investasi besar selama bertahun-tahun. Hal ini memungkinkan pasar untuk memberikan solusi inovatif kepada konsumen, termasuk solusi prapersetujuan hipotek pertama di pasar pada tahun 2019, pameran properti virtual pertama di Asia pada tahun lalu yang mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari Malaysia, dan akuisisi Grup atas MyProperty Data, perusahaan data properti online terbesar di Malaysia.

Di Thailand, PropertyGuru mengoperasikan pasar properti No. 1 di bawah merek DDproperty.com, dan menarik lebih dari 3 juta kunjungan setiap bulannya.

Hari V. Krishnan, CEO and Managing Director, PropertyGuru Group

Hari V. Krishnan, Chief Executive Officer dan Direktur Utama, PropertyGuru Group, mengatakan, “Akuisisi perusahaan REA Group di Malaysia dan Thailand merupakan tonggak penting dalam sejarah PropertyGuru – sebuah perusahaan rumahan berbasis di Singapura yang selama empat belas tahun terakhir telah berkembang ke empat pasar lainnya untuk menjadi pemimpin Proptech di kawasan dengan solusi produk yang beragam untuk sektor properti.

Kami menyambut tim yang telah membangun bisnis REA Group di Malaysia dan Thailand di mana mereka akan bergabung dengan tim Gurus kami. Dalam bulan-bulan ke depan, kami akan bekerja sama sebagai sebuah tim dan menerapkan strategi yang mendukung bisnis gabungan kami di kedua pasar. Dengan menggabungkan sumber daya kami, kami akan dapat memberikan lebih banyak inovasi kepada para pencari rumah, memperlengkapi mereka dengan wawasan yang mereka butuhkan untuk mengambil keputusan dengan percaya diri. Bersama-sama, kami juga akan memungkinkan pelanggan kami, para agen dan pengembang properti yang menggerakkan pasar, untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menjadi lebih efisien dalam alokasi sumber daya mereka.

Warga Malaysia menunjukkan preferensi untuk penelitian digital properti dan mereka sangat menyukai alat dan layanan yang disediakan oleh PropertyGuru.com.my dan iProperty.com.my saat ini. Bersama-sama kami akan membuat pencarian, tren harga dan pilihan pembiayaan properti menjadi lebih transparan. Dengan menggabungkan kekuatan PropertyGuru dalam teknologi dan data kepemilikan dengan jaringan dan hubungan iProperty.com.my dengan para pengembang dan agen, kami dapat melakukan digitalisasi ekosistem properti dan mempercepat tujuan kami menciptakan “Platform Kepercayaan” properti di Asia Tenggara.

 Kami sangat senang menyambut thinkofliving.com dan Prakard.com di Thailand ke dalam Grup kami. Merek-merek ini akan memungkinkan kami memperdalam layanan kami di pasar properti utama, yang semakin disempurnakan dengan solusi terdepan di pasar untuk pasar penjualan kembali dan persewaan di Thailand melalui DDproperty.com. Kami berharap dapat segera membuat keahlian regional kami tersedia bagi pelanggan kedua platform dan menawarkan visibilitas yang lebih baik dari seluruh pasar real estate Thailand,” kata Hari.

Owen Wilson, Chief Executive Officer, REA Group

 Owen Wilson, Chief Executive Officer, REA Group, berkata, “Kami sangat senang dengan kesempatan bekerja sama antara dua bisnis yang besar ini. Tim REA dan PropertyGuru memiliki visi yang sama tentang peluang yang luar biasa di kawasan ini. Bergabung dengan PropertyGuru Group menciptakan peluang yang baru untuk kolaborasi dan akses ke keahlian, teknologi dan investasi yang lebih luas. Kerja sama ini akan memposisikan merek-merek yang sudah kuat ini untuk mempercepat gelombang inovasi proptech berikutnya di Asia Tenggara.”

REA Group telah membuat kemajuan yang luar biasa di Malaysia dan Thailand. Pencapaian-pencapaian pentingnya termasuk keberhasilan peluncuran iProperty PRO, sebuah alat proptech yang memberikan wawasan data properti kepada pelanggan agen properti, didukung oleh Brickz.my, untuk menjangkau kumpulan para pencari properti terbesar di Malaysia. Selain itu, merambah ke dunia fintech dengan peluncuran Loancare yang membantu pelanggan menetapkan persyaratan pinjaman rumah mereka di hingga 17 bank. Loancare juga mengidentifikasi bank mana yang paling mungkin memberikan pinjaman kepada orang berdasarkan kriteria rasio utang terhadap pendapatan mereka.

Transaksi ini dilakukan pada waktu yang sangat luar biasa untuk PropertyGuru. Terlepas dari semua ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi selama setahun terakhir, kunjungan bulanan PropertyGuru tumbuh menjadi 35 juta di seluruh kawasan dan terus menjadi pemimpin Proptech di kawasan dengan pangsa pasar lebih dari 50% di Asia Tenggara. Kinerja yang kuat ini didorong oleh eksekusi yang solid dan investasi tambahan di area-area pertumbuhan yang strategis, seperti penawaran hipoteknya – PropertyGuru Finance, inovasi terdepan dengan solusi virtual seperti tur virtual berpemandu, adopsi yang tinggi dari solusi pemberdayaan penjualan ujung ke ujung bagi pengembang properti – PropertyGuru FastKey; dan kemampuan data untuk memperlengkapi para pencari properti di seluruh Asia Tenggara untuk ‘Mencari.Membiayai.Memiliki’ rumah mereka sendiri.

 



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *