JAKARTA, iNews.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk Agus Tjahajana Wirakusumah sebagai komisaris utama (komut) Indonesia Battery Corporation (IBC) atau Indonesia Battery Holding (IBH). Dia diharapkan bisa mengakselerasi industri kendaraan listrik di Indonesia. 

“Pak Agus, Komut Inalum sudah menjadi Komisaris Utama di perusahaan IBC Holdingnya EV Battery ke depan. Jadi, Pak Agus memang diminta fokus untuk memberdayakan dan mempercepat EV Battery di Indonesia,” kata Arya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (13/6/2021).

IBC merupakan konsorsium empat BUMN sektor pertambangan dan energi yang nantinya mengembangkan Electric Vehicle (EV) Battery atau industri kendaraan listrik di Indonesia. Keempat perusahaan pelat merah itu adalah Holding Industri Pertambangan (MIND ID) atau Inalum, PT ANTAM Tbk, PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero), dengan komposisi saham sebesar masing-masing 25 persen. 

Siapa sosok Agus Tjahajana Wirakusumah, yang membuat pemegang saham percaya dan menaruh harapan besar terhadap percepatan pembangunan industri kendaraan listrik di Indonesia?

Agus meraih gelar Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1979 dan Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) pada 1988. Setelah itu, dia mengambil Master of Science dari University of Florida pada tahun 1991.

Editor : Jujuk Ernawati





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *