PON XX DI Papua, Kementerian PUPR Bangun 15 Rusun
PON XX DI Papua, Kementerian PUPR Bangun 15 Rusun

RumahCom – Kementerian PUPR ikut mendukung ajang PON XX dengan membangun komplek Rusun di Papua. Ada 15 Rusun yang dibangun di tiga wilayah Provinsi Papua untuk kelancaran ajang olahraga ini dan nantinya setelah selesai fasilitas Rusun ini diperuntukan bagi ASN, TNI-Polri, mahasiswa, hingga santri di Papua.

Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 akan diselenggarakan di wilayah paling timur Indonesia yaitu Provinsi Papua. Ikut menyukseskan event ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan dana Rp330,4 miliar untuk membangun 15 rumah susun (Rusun) yang bisa digunakan sebagai sarana akomodasi pelaksanaan ajang olahraga nasional tersebut.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Rumah Susun Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Maryoko Hadi, total anggaran ratusan miliar akan digunakan seluruhnya untuk pembangunan kompleks Rusun sehingga bisa membantu penerima manfaat mendapatkan tempat tinggal yang layak khususnya saat ajang PON nanti berlangsung.

“Pembangunan Rusun ini berkolaborasi dengan banyak pihak khususnya dengan pemerintah daerah setempat hingga Pengurus Besar (PB) PON Papua sebagai penyelenggara PON XX Papua tahun ini. Kami juga terus menjalin koordinasi untuk pembangunan Rusun di beberapa titik,” ujarnya.

Kelima belas Rusun di Papua ini dibangun di tiga wilayah yaitu Kabupaten Jayapura sebanyak lima tower, Kabupaten Merauke lima tower, dan Kota Jayapura lima tower. Setelah pelaksanaan PON XX berakhir, Rusun ini akan dipereuntukan untuk kalangan aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, pelajar-mahasiswa, santri, hingga jemaat gereja.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Papua I Faisal Soedarno mengatakan, pihaknya telah menerjunkann petugas dari Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Papua untuk mendukung pelaksanaan ajang besar nasional di bidang olahraga yang diselenggarakan di Provinsi Papua ini.

“Untuk program pembangunan Rusunnya sendiri dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. Ajang PON tentunya membutuhkan berbagai sarana akomodasi yang memadai sehingga Kementerian PUPR ikut terlibat aktif untuk penyediaan fasilitas hunian sehingga ajang PON bisa terselenggara dengan baik,” katanya.

Selain bangunan Rusun, Kementerian PUPR juga menganggarkan dana mencapai Rp21,6 miliar untuk peningkatan bangunan dan peningkatan kualitas bangunan berupa pemasangan perangkat pendingin ruangan, area parkir, pagar keliling, dan lainnya. Hal ini untuk kenyamanan dan keamanan para atlet maupun official sehingga seluruh komplek Rusun beserta fasilitasnya siap digunakan.

Sebagai informasi, ajang PON XX tahun 2021 ini akan diselenggarakan pada bulan September hingga November mendatang. Lokasi utama venue kompetisi olahraga di Stadion Papua Bangkit baik untuk acara pembukaan hingga penutupannya nanti. Torang Bisa menjadi tagline ajang PON kali ini untuk menggambarkan penyemangat khas masyarakat Papua.

“Kami berharap pembangunan Rusun dari Kementerian PUPR ini bisa memberikan kelancaran proses PON XX dan menyediakan hunian yang layak bagi seluruh masyarakat Papua. Hal ini karena setelah selesai ajang PON Rusun yang tersebar di berbagai wilayah ini akan diperuntukan bagi masyarakat sehingga terus memperbesar capaian target program sejuta rumah,” imbuh Faisal.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *