BONUS demografi yang akan diraih Indonesia pada 2030 mendatang akan berubah menjadi bencana jika tidak dipersiapkan dengan baik. Pendidikan adalah kuncinya.

“Kuncinya adalah pendidikan. Oleh sebab itu, pendidikan nasional tidak boleh sampai gagal. Kegagalan bukanlah satu opsi,” kata Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro dalam webinar series MWA UI Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan, Rabu (2/6).

Menurutnya, bonus demografi baru akan menjadi suatu bonus apabila anak-anak muda memiliki kemampuan inovatif, kritis dan kreatif serta memiliki daya saing tinggi yang merupakan bekal dari pendidikan unggul. Jika tidak, maka Indonesia akan kebanjiran lulusan pendidikan tinggi yang tidak mampu menciptakan peluang bagi diri sendiri dan orang lain.

Karena itu, di tengah ancaman pandemi Covid-19 sektor pendidikan tidak bisa diabaikan. Justru inilah saat yang tepat untuk secara serius dan bersama-sama memikirkan, merefleksikan, merumuskan dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa pendidikan di semua jenjang dapat menjadi ujung tombak pencapaian berbagai pembangunan nasional yang strategis. (H-2)

 






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *