GUBERNUR Sumatera Utara Edy Rahmayadi meninjau pembangunan rumah korban kebakaran di Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Selasa (8/6). Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) mengatakan, Pemprov membantu para korban dengan membangun sembilan unit rumah permanen. “Saat ini pembangunan rumahnya sudah rampung 95%,” ujarnya di sela-sela peninjauan.

Akibat kebakaran yang terjadi pada 13 Maret lalu, terdapat sembilan unit rumah yang hangus terbakar dan tiga rusak. Sedangkan jumlah warga yang terdampak sebanyak 15 kepala keluarga.

Menurut Gubsu, dana yang dikeluarkan pemprov untuk membantu membangun kembali rumah para korban sebesar Rp270 juta.

Baca Juga: Gubernur Sumut: 30% Kapasitas RS Untuk Pasien Covid-19

Adapun rumah-rumah yang terbakar merupakan rumah semi permanen. Agar tidak terjadi hal serupa dan demi kenyamanan penghuninya, Pemprov membantu pembangunan rumah permanen.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Mahfullah Pratama Daulay mengatakan, karena proses pembangunan sudah hampir rampung, telah ada korban yang menempati rumah tersebut.

Dikatakan Mahfullah, sebelum terbakar, rumah para korban merupakah rumah semi permanen sehingga mudah terbakar. Kebakaran bermula dari satu rumah kemudian merembet ke rumah lain.

Selain Pemprov Sumut, donasi dari pihak kelurahan dan kecamatan juga berkontribusi pada pembangunan rumah tersebut. Mahfullah juga mengajak masyarakat yang masih ingin membantu warga bisa berkoordinasi langsung dengan pihak kelurahan atau kecamatan setempat.

Pada kesempatan tersebut Gubsu juga menyerahkan bantuan uang tunai kepada para korban kebakaran. (YP/OL-10)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *