Pemerintah Jamin Tak Kendor Untuk Program Perumahan Saat Pandemi
Pemerintah Jamin Tak Kendor Untuk Program Perumahan Saat Pandemi

RumahCom – Kementerian PUPR menegaskan tetap menjalankan program perumahan khususnya program nasional pembangunan sejuta rumah. Besarnya kebutuhan hunian tidak mengendurkan semangat untuk pelaksanaan program ini karena itu seluruh stakeholder diharapkan aktif dengan pelaksanaan program perumahan.

Program perumahan merupakan salah satu andalan pemerintah untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ke produk perumahan sekaligus untuk mendorong perekonomian nasional karena sektor properti juga merupakan lokomotif perekonomian.

Karena itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menegaskan, program perumahan khususnya untuk kalangan MBR dengan program sejuta rumah akan tetap berjalan di masa pandemi Covid-19. Kementerian PUPR akan memastikan melakukan berbagai pengawasan supaya program ini bisa dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pemerintah akan memastikan program pembangunan rumah melalui program sejuta rumah akan tetap berjalan dengan mematuhi berbagai batasan protokol kesehatan di lapangan. Pemerintah sangat menyadari kebutuhan masyarakat akan hunian sehingga program ini masih akan terus didorong dan kenyataannya di berbagai daerah pembangunan perumahan masih terus berlanjut,” ujar Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.

Program perumahan yang didanai menggunakan APBN juga realisasinya sangat ditunggu oleh masyarakat. Misalnya, program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) yang membuat rumah-rumah tidak layak huni menjadi lebih baik. Begitu juga program prasarana sarana utilitas (PSU) yang membuat lingkungan perumahan subsidi menjadi lebih baik karena diberikan bantuan PSU.

Berbagai aktivitas di sektor perumahan ini juga secara langsung maupun tidak langsung telah menggerakkan perekonomian dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Pandemi yang menghambat berbagai kegiatan ekonomi terus didorong dengan berbagai cara seperti kolaborasi, inovasi, hingga kerja sama antar stakholder perumahan sehingga sektor properti bisa tetap menunjang kegiatan perekonomian.

Terkait inovasi yang dilakukan saat pandemi, berbagai sosialisasi telah dilakukan secara daring maupun virtual. Ini juga membuat jumlah petugas yang seharusnya turun ke lapangan untuk mendampingi masyarakat bisa dioptimalkan untuk menghindari penyebaran virus.

Khalawi juga mengajak berbagai pihak khususnya pemerintah daerah untuk terus mendukung program sejuta rumah. Melalui program yang diusung pemerintah pusat ini juga bisa membantu pemerintah daerah untuk mengurangi rumah tidak layak huni maupun kawasan kumuh di daerah-daerah.

“Makanya kami sangat aktif bahkan hingga  jemput bola ke berbagai pemerintah daerah untuk  pendataan perumahan. Saat pandemi ini kuantitas pembangunan perumahan memang mengendur, dengan komitmen bersama harus dipastikan kalau sektor perumahan ini akan tetap berjalan hingga mendorong perekonomian nasional,” tandasnya.

Penting sebelum beli rumah, pahami 5 hal yang penting perlu dipertimbangkan saat membeli rumah agar tak salah pilih. Selengkapnya lihat di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *