LANGKAH-langkah strategis diperlukan untuk mendorong peningkatan pembangunan industri dan perdagangan di Papua Barat. Peningkatan itu diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan orang Papua.

Hal itu diungkapkan Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar dalam pertemuan dengan pejabat Pemerintahan Provinsi Papua Barat di Gedung Sasana Karya, Kompleks Perkantoran Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Rabu (16/6). Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat, George Yarranga.

Menurut Billy, apabila sektor perindustrian dan perdagangan tidak distimulasi untuk bertumbuh, uang keluar dari Papua Barat akan lebih banyak dari uang yang masuk. “Bila hal ini terus terjadi, maka kesejahteraan di Provinsi ini, khususnya yang dirasakan oleh masyarakat Papua, tidak akan terwujud,” jelasnya.  

Dalam kesempatan itu, Billy juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo bahwa pengembangan industri harus terus didorong untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk Papua dan Papua Barat. Menurut Billy, percepatan sektor ekonomi tersebut tertuang dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2020. 

“Ada beberapa strategi yang harus dilakukan untuk mendorong percepatan dan pertumbuhan industri. Pertama memberikan insentif hadirnya industri besar di Papua Barat, membuat sistem, kebijakan, perangkat hukum yang memfasilitasi kemitraan industri dan perdagangan besar dan dunia UMKM milik masyarakat Papua, mendorong pembangunan industri pendukung  di daerah, yang dapat memberikan nilai tambah dan dampak berganda, serta tetap menjaga azas lingkungan hidup, serta selektif dalam memilih industri yang masuk yang tidak merusak lingkungan, dan adat budaya orang asli Papua,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat George Yarranga mengatakan kehadiran Billy Mambrasar merupakan representasi kehadiran Presiden untuk mendorong percepatan Pembangunan di Papua Barat. Ia juga menilai, sebagai anak Papua, Billy bisa menjadi motivator generasi muda Papua. (RO/OL-15)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *