TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily meminta pemerintah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial tunai kepada masyarakat di tengah perpanjangan PPKM. 

Ace menegaskan bantuan sosial tersvht juga haruslah tepat sasaran, akurat dan tepat waktu diterima oleh masyarakat.

“Yang diperlukan saat ini adalah kecepatan dari kementerian terkait dan pemerintah daerah untuk mendistribusikannya dengan tepat sasaran, akurat dan tepat waktu,” ujar Ace ketika dihubungi Tribunnews.com, Selasa (27/7/2021).

Di sisi lain, Ace mengimbau perlu pula dilakukan perbaikan pendataan yang lebih baik bagi penerima bantuan. 

Baca juga: 3 Langkah Mensos Risma untuk Hindari Korupsi Penyaluran Bansos, Ini Penjelasannya

Sebab hingga saat ini, kata dia, masih banyak masyarakat terdampak pandemi yang belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. 

“Masih banyak di antara masyarakat terdampak yang belum menerima karena tidak terdata dalam DTKS Kementerian Sosial, maupun kelompok berpenghasilan rendah baru akibat PPKM level 4 ini,” jelasnya.

Politikus Golkar tersebut juga menilai seharusnya besaran bantuan yang diberikan pemerintah harus disesuaikan dengan tingkat keparahan atau terdampaknya masyarakat yang menerimanya. 

“Pada titik inilah, seharusnya pemerintah terutama pemerintah daerah harus mampu mendeteksi pemutakhiran kesulitan masyarakat tersebut. Aspek proporsionalitas dan keadilannya dalam bantuan sosial juga penting menjadi pertimbangan,” tandasnya. 

https://www.youtube.com/watch?v=h7MKOhMns5A





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *