JAKARTA, iNews.id – Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sepakat untuk menunda pengenaan tarif tarik tunai dan cek saldo di ATM Link. Awalnya, tarif transaksi di ATM Link akan dikenakan kepada nasabah bank-bank BUMN pada 1 JUni 2021. 

Himbara dan Jalin sepakat untuk menjadwalkan kembali waktu penerapan pengenaan tarif transaksi tarik tunai dan cek saldo di ATM Link. Penundaan tersebut diharapkan bisa meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat lebih luas lagi. 

Meski tidak jadi diberlakukan hari ini, namun Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati mengatakan, kebijakan pengenaan tarif akan tetap dijalankan. Namun saat tarif itu diterapkan, ada nasabah tertentu yang dikecualikan. Artinya, mereka tidak akan dikenakan tarif cek saldo maupun tarik tunai di ATM Link. 

“Khusus untuk nasabah penerima bansos, cek saldo dan tarik tunai di ATM Link tidak akan dikenakan biaya sama sekali,” kata dia di Jakarta, Selasa (1/5/2021).

Lebih lanjut Adi mengatakan, tarif yang diberlakukan nantinya akan lebih rendah jika dibanding dengan tarif transaksi di jaringan ATM lain di Indonesia. Adapun, tarif tarik tunai di ATM Link sebesar Rp5.000, sedangkan cek saldo Rp2.500. 

“Patut diingat penyesuaian tarif baru untuk tarif cek saldo dan tarik tunai tetap lebih rendah dibandingkan jaringan ATM lain di Indonesia,” ujarnya. 

Selain itu, dia juga mengingatkan, saat pengenaan tarif diimplemntasikan, para nasabah Himbara masih bisa menikmati layanan cek saldo dan tarik tunai secara gratis melalui ATM yang berlogo sama dengan penerbit kartu. Misalnya, pemilik kartu ATM BNI tidak dikenakan biaya transaksi tersebut jika digunakan di ATM Link BNI. 

Nasabah juga memiliki pilihan untuk melakukan pengecekan saldo secara gratis melalui layanan mobile banking. Adapun tujuan pengenaan tarif transaksi di ATM Link adalah untuk meningkatkan kualitas layanan, keamanan, dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. 

“Himbara juga mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara non tunai (cashless) dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital,” tuturnya.

Editor : Jujuk Ernawati





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *