CALIFORNIA, iNews.id – NASA kembali menunda peluncuran James Webb Space Telescope, di mana harusnya terjadi pada 31 Oktober. Badan antariksa Amerika ini tampaknya menunda peluncuran pada November atau awal Desember.

Tanggal yang dijadwalkan belum dikonfirmasi. Menurut Ars Technica, ada beberapa faktor yang menjadi kunci penentuan tanggal peluncuran baru tersebut. 

Direktur teleskop untuk layanan peluncuran Beatriz Romero mengatakan, pengiriman Webb dan kesiapan roket serta pelabuhan antariksa semuanya adalah pertimbangan penting.

Setelah pengujian ekstensif, menurut kepala sains badan tersebut Thomas Zurbuchen, NASA dan kontraktor utama proyek tersebut, Northrop Grumman, semakin dekat untuk mengemas teleskop ke dalam wadah pengiriman. Itu kemungkinan akan terjadi menjelang akhir Agustus. 

Setelah Webb tiba di pelabuhan antariksa di Guyana Prancis, dibutuhkan waktu 55 hari untuk mempersiapkan peluncurannya. Itu berarti jendela peluncuran akan paling cepat pertengahan November.

Ada juga masalah roket Ariane 5 yang dijadwalkan untuk mengangkut Webb dari terra firma. Itu telah di-ground sejak Agustus lalu karena masalah dengan fairing payload, sebagaimana dikutip dari Engadget, Rabu (2/6/2021).

Editor : Dini Listiyani





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *