MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong operator 4G untuk memperkuat jaringan dan ekosistem di berbagai daerah yang belum padat jaringannya dan belum terbentuk ekosistemnya, saat layanan 5G mulai beroperasional di sejumlah daerah.

Menurut dia, operator 4G tidak boleh patah semangat dalam upaya memperkuat jaringan di daerah. Sebab masih banyak tempat dan ruang untuk digarap, di Tanah Air sangat luas. 

“Sementara jaringan 5G itu netral, tanpa memandang operatornya, semua bisa digunakan. Sehingga operator 4G harus memperkuat jaringan dan membentuk ekosistem,” tegas Johnny G Plate saat memberikan sambutan dalam acara roadshow Telkomsel 5G di Solo, Kamis menjelang sore (3/6).

Baca Juga: Presiden: Konektivitas 5G untuk Perluasan Ideologi Pancasila

Dia katakan layanan 5G akan beroperasi di daerah yang sudah kuat jaringannya dan sudah terbentuk ekosistemnya. Sebelum masuk Kota Solo, Telkomsel 5G sudah beroperasional di wilayah Jabodetabek.

Dalam acara Roadshow Telkomsel 5G di Balai Kota Solo yang dihadiri Wali Kota Gibran Rakabuning Raka, terlihat Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dan Komisaris Utama Wishnutama Kusubandio juga mendampingi Menkominfo G Plate.

Yang jelas jaringan 5G yang sudah beroperasi itu menggunakan frekuensi spektrum 2,3 GHz dan punya kecepatan 20 hingga 100 kali dari 4G. Setelah Solo, maka 5G akan menyusul di Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Bandung, dan Makassar.

“Solo dipilih sebagai salah satu daerah beroperasinya 5G karena jaringan selulernya sudah kuat dan ekosistemnya juga sudah terbentuk. Lagi pula Solo adalah salah satu kota pioner di segala bidang,” imbuh Johnny G Plate menjawab pertanyaan wartawan.

Baca Juga: Pandemi Pacu Transformasi Digital, Kominfo Siapkan Jaringan 5G

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menyebutkan, layanan 5G di Solo memiliki kecepatan download dan upload yang cukup kencang. Yaitu sebesar 816 Mbs untuk download, dan 30 Mbps untuk upload.

BUMN plat merah bidang komunikasi ini berharap masyarakat Solo bisa menikmati layanan 5G Telkomsel itu meski jangkauannya memang masih terbatas.

Dia menegaskan, jaringan 5G dapat meningkatkan produktivitas, mendorong efisiensi dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak. ”Hadirnya Telkomsel 5G ini menjadi simbol komitmen kami memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif berkelanjutan,” pungkas dia.

Telkomsel, lanjut dia, memberikan apresiasi pada semua pemangku kepentingan sebagai entitas pendukung, ikut berkontribusi dalam membantu Telkomsel mengimplementasi percepatan perluasan jaringan 5G di beberapa wilayah di Indonesia. (WJ/OL-10)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *