Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memprediksi puncak kasus Covid-19 pasca lebaran akan terjadi 5 hingga 7 minggu ke depan.

Hal itu berdasarkan pengalaman empiris di setiap libur panjang sebelumnya, yaitu libur panjang Natal dan Tahun Baru, libur panjang Idul Fitri, dan libur panjang lainnya.

“Jadi kemungkinan kenaikan kasus diperkirakan akan sampai puncaknya di akhir bulan Juni,” katanya dalam konferensi pers secara virtual di Istana Negara, Senin (31/5/2021).

Untuk itu pihaknya terus memastikan ketersediaan tempat tidur. Kapasitas tempat tidur di Indonesia saat ini sebanyak 72 ribu TT.

Kondisinya saat ini rumah sakit mengalami peningkatan pasien.

Keterangan tempat tidur beberapa waktu lalu sempat sampai di titik terendah sekitar 20 ribu, namun sekarang sudah naik sekitar 25 ribu tempat tidur yang terisi, atau naik sekitar 20 persen sampai 25 persen.

Baca juga: Kasus Covid-19 Aktif Meningkat Pasca Libur Lebaran

“Kami sampaikan memang kasusnya agak tinggi tetapi kita masih memiliki kapasitas sampai dengan 72 ribu tempat tidur, masih ada cukup kapasitas yang kita miliki,” tutur Budi.

Mantan wamen BUMN ini menuturkan, saat ini kasus aktif Covid-19 di Indonesia akan menyentuh angka 100 ribu kasus.

Meski demikian, angka tersebut belum menyentuh puncak kasus aktif Covid-19 yang terjadi di tanah air usai libur akhir awal 2021 yang berkisar di 170 ribu kasus.

“Sekarang tren lagi naik tapi kalau kita disiplin Insyaallah harusnya semuanya bisa kita atasi dengan baik seluruh rumah sakit sudah kita persiapkan, obat-obatan juga sudah kita persiapkan,” ucap Budi.





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *