Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia berencana membangun transportasi Light Rail Transit atau LRT di Bali dengan rute Bandara Ngurah Rai – Seminyak.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan rute LRT dari Bandara Ngurah Rai – Seminyak nantinya akan membuka jalur sepanjang 9,46 kilometer.

Baca juga: Menhub Bahas Peluang Kerjasama Pembangunan LRT di Bali dan MRT Fase 4 Jakarta dengan Dubes Korsel

Kemudian menurutnya dalam rencana pembangunan infrastruktur transportasi ini, berpeluang untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah Korea Selatan.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, terkait pembangunan infrastruktur transportasi,” ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (16/6/2021).

Baca juga: LRT Jabodebek Diproyeksikan Beroperasi Tahun Depan

Ia juga mengungkapkan, Indonesia tentu sangat menyambut baik apabila Korea Selatan ingin terlibat dalam pembangunan LRT di Bali.

Terkait rencana pembangunan LRT di Bali, Budi Karya mengungkapkan, pihak Pemerintah Provinsi Bali telah mengusulkan agar pembiayaan penyusunan studi kelayakan dapat dikerjasamakan dengan pihak Korea Selatan melalui skema hibah.

“Tetapi kami masih harus menunggu Bappenas menyelesaikan penyusunan Rencana Mobilitas Perkotaan di akhir tahun 2021,” ujar Budi Karya.





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *