MEDAN, iNews.idKecelakaan mobil Toyota Avanza yang terjatuh ke Danau Toba saat akan turun dari Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ihan Batak di Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, mengakibatkan satu warga tewas, Senin (31/5/2021). Detik-detik mengerikan saat mobil itu jatuh dan proses evakuasi sempat terekam video amatir warga. 

Dalam video yang beredar luas terlihat petugas pelabuhan dan sejumlah warga berusaha menahan mobil BK 1421 QP berpenumpang empat orang tersebut. Saat itu, mobil sudah hampir seluruhnya tenggelam ke Danau Toba.

Pengemudi Avanza yang sudah lansia, Zulkarnain Tanjung (76), terlihat panik karena posisi mobil di bagian belakang hingga tengah sudah masuk ke air. Dia terlihat menerima rompi pelampung dari petugas.

Kebingungan memakainya karena dalam kondisi yang sudah tidak memungkinkan, pengemudi Avanza itu mengembalikan pelampung kepada petugas.  Tidak berapa lama kemudian, petugas kembali memberikan pelampung itu kepadanya. 

Sementara mobil sudah semakin masuk ke dalam air danau. Hujan membuat petugas kesulitan melakukan evakuasi. Petugas dibantu warga juga sempat mengikat mobil dengan tali agar bisa diangkat kembali. Namun, beban mobil yang terlalu berat membuat mobil sulit ditahan agar tidak masuk ke danau.

Petugas akhirnya berhasil mengeluarkan tiga orang penumpang dari dalam mobil. Ketiganya yakni, Zulkarnain Tanjung (76), Farida (72), warga Gunung Martimbang, Kota Tebingtinggi. Kemudian, Neiny Safrina (33), warga Jalan Padang Sidempuan Nomor 1, Kota Pematangsiantar.

Namun, satu orang tidak bisa dievakuasi dari dalam mobil. Korban, Desy Marizdayani (32), warga Jalan Gunung Martimbang III Nomor 82, Desa Rantau Labang, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, akhirnya meninggal karena cukup lama di dalam air.

Informasi yang dihimpun sebelumnya, kronologi kejadian berawal saat KMP Ihan Batak yang membawa mobil nahas itu berangkat dari Pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, menuju Pelabuhan Ambarita, sekitar pukul 14.00 WIB tadi. 

Setibanya di Pelabuhan Ambarita, kapal bersandar dan enam unit mobil baru keluar dari kapal. Giliran mobil Avanza BK 1421 QP, angin bertiup kencang dan menggeser kapal. Akibatnya ramp door KMP Ihan Batak  tersebut terputus.

Ramp door adalah konstruksi pintu pada kapal yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara kapal dengan dermaga sehingga bisa digunakan untuk akses keluar masuknya kendaraan ataupun muatan yang akan diangkut oleh kapal.

Akibat terputusnya ramp door, mobil Avanza tersebut pun langsung terjatuh ke danau. Peristiwa itu terjadi saat hujan deras.

“Saat kejadian memang lagi hujan deras. Tiba-tiba ramp door-nya putus sewaktu mobilnya mau turun. Jadi langsung kecebur,” kata warga Ambarita, Leo Girsang, saat dihubungi dari Medan, Senin (31/5/2021).

Editor : Maria Christina





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *