Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman IbrahimĀ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) membawa sejumlah barang bukti yang terkait dugaan kasus gratifikasi penyewaan helikopter saat melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Bareskrim Polri.

Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) Wana Alamsyah menyampaikan barang bukti yang dibawa berupa bukti nominal harga penyewaan helikopter. Hasilnya, memang terdapat selisih dari harga normal.

“Bukti yang kami sampaikan tadi berupa korespodensi antara ICW dengan salah satu penyedia helikopter dan kami pun mengidentifikasi berdasarkan akte perusahaan yang dimiliki oleh PT Air Pasific Utama,” kata Wana di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Wana menyampaikan Firli Bahuri diduga memiliki konflik kepentingan dengan salah satu komisaris PT APU berinisial RHS. Dia sempat diperiksa sebagai saksi di dalam persidangan kasus dugaan korupsi Meikarta.

Baca juga: ICW Laporkan Firli Bahuri ke Bareskrim Polri, Diduga Terima Gratifikasi Senilai Rp 141 Juta

“Kami belum mendapatkan informasi lebih lanjut terkait motif penerimaan diskon ini. Tapi yang pasti secara background tahun 2018 Firli menjadi Deputi Penindakan kemudian di tahun yang sama itu kasus Meikarta sedang ditangani. Apakah ada kaitannya itu kami belum menindaki lebih lanjut,” ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya juga memiliki bukti bahwa Firli tak melaporkan telah menerima gratifikasi tersebut. Hal itu juga telah terbukti dalam sidang kode etik Firli Bahuri di Dewan Pengawas KPK.

“Dalam konteks gratifikasi, ada jangka waktu 30 hari untuk melaporkan namun kami tidak mendapatkan informasi dari pemberitaan atau informasi lainnya bahwa Firli melaporkan penerimaan gratifikasi tersebut. Itu pun juga telah terbukti dalam kode etik bahwa dia melanggar sanksi ringan,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penerimaan gratifikasi dalam penyewaan helikopter saat perjalanan pribadi ke Ogan Komering Ulu, Baturaja pada 20 Juni 2021.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri Dilaporkan ke Bareskrim Polri Atas Dugaan Kasus Gratifikasi

Laporan ini didaftarkan oleh Divisi Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) Wana Alamsyah ke Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Jakarta Selatan pada Kamis (3/6/2021)





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *