KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menggelar musyawarah nasional (munas) salah satu agendanya yaitu memilih ketua umum periode 2021-2026.

Ketua Umum Kadin Jawa Barat Tatan Pria Sudjana mengatakan Kadin Jawa Barat sebagai salah satu pemegang hak suara, berhak memilih sosok yang bakal memimpin organisasi tersebut selama lima tahun kedepan.

Soal nama yang muncul ke permukaan, Tatan menilai keduanya merupakan kader terbaik. Namun, untuk sosok Ketua Umum Kadin mendatang, pihaknya melihat dari performa bersangkutan, yang terdiri dari ability, effort, dan believe.

Calon Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid dinilai Tatan mempunyai nilai lebih di sisi ability, soft skill, and knowledge. Sedangkan Anindya, pengalaman panjang di Kadin menjadi salah satu kelebihannya.

“Tapi apakah pengalaman akan menjadi jaminan membawa perdagangan dan industri kedepan? Belum tentu. Karena ada perubahan yang sangat fundamental,” kata Tatan dalam keterangannya, Minggu (6/6).

Menurutnya sosok tersebut harus mampu mentransformasikan dan kecepatan yang basisnya adalah teknologi, harus transformasi semuanya, karena dunia sepakat, industri revolusinya 4.0.

“Sosok mana yang tepat ialah yang membangun dari nol, dengan parameter yang memang mencerminkan performansi diri, bukan dari oligarki,” ujarnya.

Kekurangan dan kelebihan dari masing-masing kandidat, tambah Tatan, masih dipertimbangkan oleh pihaknya. Kadin Jabar juga terus mengkaji lebih dalam terkait sosok calon ketua umum yang bakal dipilih dalam munas mendatang.

Tatan menegaskan, pihaknya menginginkan figur ketua umum selanjutnya dapat membawa Kadin kedepannya semakin lebih baik.

“Yang dibutuhkan adalah pemimpin yang bisa mengakomodir aspirasi daerah dan memiliki integritas, soft skill, knowledge. Pemimpin yang mampu menghantarkan pelaku usaha membangun kemandirian, kedaulatan dan eksistensi daerahnya,” tuturnya.

“Jadi bukan karena hal non teknis, seperti politik, pertemanan atau oligarki,” pungkas Tatan.

Sementara diketahui, Arsjad Rasjid adalah sosok calon ketua umum yang hadir dengan membawa empat pilar kebangkitan ekonomi yang salah satunya adalah memberdayakan pengusaha daerah.

Saat ini, setidaknya ada dua sosok yang digadang-gadang sebagai calon kuat Ketua Umum Kadin. Sosok pertama yaitu Direktur Utama PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid. Sementara sosok kedua yakni Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk Anindya Bakrie. (OL-13)

Baca Juga: Studi Terbaru Temukan 37% Kematian Disebabkan Cuaca Ekstrem






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *