JAWA Tengah akan memiliki bendungan tertinggi di Indonesia Dan kedua tertinggi di Asia Tenggara. Berlokasi di Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Bendungan Bener adalah salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang dikerjakan PT Brantas Abipraya (Persero).

“Nantinya bendungan ini akan menjadi yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 159 meter, panjang timbunan 543 meter dan lebar bawah sekitar 290 meter,” ujar Direktur Operasi 1 Brantas Abipraya Catur Prabowo dikutip laman BUMN, Sabtu (12/6).

Brantas Abipraya akan berfokus pada tahap pembuatan akses jalan, terowongan dan pembangunan dam utama di bendungan tersebut.

Menjadi bagian dari PSN yang telah ditetapkan melalui Prepres No 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, Bendungan Bener ini akan mengairi lahan pertanian seluas 15.069 hektsre serta mengurangi debit banjir sebesar 210 m3/detik.

Baca juga: Prokes di Pasar Bendungan Hilir Mengendur

Fungsi lainnya dijelaskan adalah sebagai penyedia air baku untuk keperluan rumah tangga, kota dan industri sebesar 1.500 liter/detik ke 10 kecamatan di kabupaten Purworejo, 3 kecamatan di kabupaten Kebumen dan 2 kecamatan di kabupaten Kulon Progo.

Catur menambahkan bahwa bendungan ini juga akan difungsikan sebagai PLTA, pasalnya Bendungan Bener dapat menyuplai energi listrik sebesar 6 megawatt (MW). Terletak di Jawa Tengah, Bendungan Bener ini memiliki kapasitas tampungan air 100,94 juta meter kubik.

Lokasinya yang diapit dua bukit ini pun juga akan menambah deretan tempat pariwisata seperti wisata alam dan wisata air di areal bendungan, serta dapat mengembangkan sektor perikanan juga.

Catur menyebut, target penyelesaian bendungan ini bakal rampung dua tahun lagi.

“Brantas Abipraya berkomitmen akan rampungkan proyek ini selesai tepat waktu sesuai target di akhir tahun 2023,” tutup Catur. (OL-4)






Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *