loading…

Abdee Slank sudah mulai menjalankan tugas sebagai komisaris independen Telkom. Foto: dok Instagram

JAKARTA – Resmi diangkat jadi komisaris PT Telkom (Persero) Tbk oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Abdi Negara Nurdin alias Abdee ”Slank” akan menerima gaji yang jumlahnya fantastis. Berapa kira-kira?

Ketentuan gaji direksi dan komisaris BUMN tercantum dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-12/MBU/11/2020 tentang Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN.

BACA JUGA: Lebih Jujur dan Tidak Dipengaruhi Politik, Warga Eropa Ingin Anggota DPR Digantikan AI

Adapun menurut laporan keuangan Telkom Indonesia pada 2020, remunerasi bagi dewan komisaris ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-04/MBU/2014.

Nah, besaran gaji komisaris Telkom innin ternnyata berbeda-beda. Jelas, Komisaris Utama (Komut) Perseroan mendapat gaji dan tunjangan paling besar. Komut Telkom saat ini dipegang oleh mantan Menristek Bambang Brodjonegoro yang menggantikan Rhenald Kasali.

Remunerasi Komisaris terbagi dalam beberapa komponen. Antara lain:

– Gaji/honorarium

– Tunjangan, seperti tunjangan hari raya, tunjangan transportasi, hingga tunjangan asuransi purna jabatan.

– Fasilitas, terdiri dari kesehatan dan bantuan hukum.

– Tantiem atau insentif kerja, bisa berupa penghargaan jangka panjang.

Pada 2020, total remunerasi yang dibayar ke seluruh dewan komisaris Telkom adalah Rp96,0 miliar dibayarkan kepada seluruh dewan komisaris yang berjumlah 16 orang.
Komisaris utama dalam setahun mendapat Rp9,8 miliar. Terdiri dari honorarium dan tunjangan lain Rp3,81 miliar dan tantiem Rp6 miliar.

Komisaris independen mendapat Rp1,5 miliar-Rp11 miliar. Besaran remunerasi masing-masing komisaris independen berbeda-beda.

Maka, bisa disimpulkan bahwa Abdee Slank sebagai komisaris independen Telkom akan mendapatkan remunerasi antara Rp1,5 miliar hingga Rp11 miliar per tahun.

BACA JUGA: Mengapa Perusahaan-Perusahaan Abdee Slank Sulit Sekali Ditemukan Kiprahnya di Google?

Jika Abdee mendapat angka di tengah-tengah yakni Rp5 miliar per tahun, maka dalam sebulan gitaris Slank tersebut menndapatkan angka sekitar Rp400 jutaan per bulan.

(dan)



Source link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *