Ini Preferensi Milenial Terkait Pembelian Produk Properti
Ini Preferensi Milenial Terkait Pembelian Produk Properti

RumahCom – Milenial menjadi sasaran konsumen yang terus  digarap kalangan pengembang. Berbagai kebutuhan milenial yang lebih spesifik terus diupayakan di berbagai proyek untuk menarik minat kalangan ini membeli seperti yang disajikan di proyek Citra Landmark Jakarta.

Kalangan milenial merupakan pasar yang sangat besar dan karena itu terus digarap oleh kebanyakan industri termasuk sektor properti. Terlebih lagi properti khususnya produk hunian yang merupakan kebutuhan dasar dan biasanya dicari kalangan pekerja muda untuk dihuni maupun investasi.

Di sisi lain, berdasarkan riset Indonesia Millenial Report, generasi milenial kita masih belum banyak yang menyadari terkait kepentingan investasinya. Kebanyakan milenial masih menghabiskan penghasilannya untuk produk-produk konsumtif maupun lifestyle karena itu riset tersebut menyebut baru sekitar dua persen milenial yang melek investasi.

Di sisi lain, rendahnya keinginan investasi kalangan milenial ini semakin menguatkan potensi pasar di sektor properti. Perlu dilakukan banyak sosialisasi maupun edukasi untuk merangsang minat kalangan milenial ini mulai berinvestasi khususnya di sektor properti yang aman dan stabil.

Pandemi Covid-19 dengan berbagai kendala maupun pergesaran berbagai kebiasaan juga semakin meningkatkan minat milenial untuk berinvestasi. Menurut General Manager Marketing Ciputra Group Andreas Raditya, generasi milenial meskipun belum banyak sudah mulai meninggalkan beberapa kebiasaan konsumtifnya seperti hangout di kafe, belanja online, dan sebagainya.

“Pandemi yang membuat banyak pembatasan kegiatan maupun berbagai keterbatasan yang lain sedikit banyak telah mengubah perilaku kalangan milenial itu. Mulai banyak dari kalangan ini yang mulai sadar untuk berinvestasi yang bisa menunjang kehidupan masa depannya,” ujarnya.

Raditya menyebut hal ini berdasarkan ciri dari profil pembeli di tower pertama Apartemen Citra Landmark di Jalan Raya Ciracas, Jakarta Timur yang didominasi milenial. Ada sekitar 40 persen konsumen yang membeli di bawah rentang usia 39 tahun dan 77 persennya membeli tipe studio, 20 persen dua kamar tidur, dan sisanya tipe di atasnya.

Dari sisi area geografisnya, 80 persen pembeli berasal dari kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Hal lainnya lagi yang menarik, konsumen milenial dari luar Jakarta atau kawasan Bodetabek hingga khususnya seputar Cibubur itu cukup tinggi mencapai 17 persen dan 3 persen.

Pembeli berdasarkan jenis kelamin juga 50:50 antara pria dan wanita dan ini cukup jarang terjadi karena umumnya kalangan pria lebih dominan. Ciri lain yang membeli dari kalangan milenial yaitu 67 persennya membeli menggunakan fasilitas KPA bank.

Preferensi lainnya yang dicari konsumen milenial yaitu harga terjangkau khususnya untuk yang berpenghasilan di bawah Rp15 juta dan penghasilan segini cocok untuk membeli produk properti seharga Rp400 juta-Rp500 juta. Kemudian kemudahan pembayaran dengan dukungan KPR-KPA yang mudah, praktis, dan suku bunga rendah.

“Lokasi strategis dengan dukungan aksesibilitas maupun sarana transportasi lain juga menjadi preferensi lain yang dicari kalangan milenial. Kemudian reputasi pengembang yang memberikan jaminan kalau produk yang dihasilkan akan berjalan baik, semua preferensi yang dibutuhkan milenial ini kami hadirkan di proyek Citra Landmark karena itu tidak heran kalau banyak konsumen dari kalangan milenial,” beber Raditya.

Mau membeli apartemen, sebaiknya pahami langkah mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) lewat video berikut ini.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *