Indeks Harga Apartemen Turun, Rumah Tapak Naik Tipis, Saat Bagus Beli Properti
Indeks Harga Apartemen Turun, Rumah Tapak Naik Tipis, Saat Bagus Beli Properti

RumahCom – Periode Q1 2021 mencatatkan penurunan indeks harga properti dan kenaikan suplai yang membuat harga menjadi terkoreksi. Rangkuman Review Property Market Q1 2021 dari Rumah.com ini menjadi waktu yang baik untuk segera membeli produk  properti.

Rumah.com kembali merilis review property market untuk periode kuartal pertama (Q1) tahun 2021. Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, indeks harga properti secara nasional mengalami penurunan sebesar 0,4 persen dan penurunan ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang turun mencapai 2 persen.

“Secara tahunan indeks harga masih mengalami penurunan dan ini didorong oleh penurunan harga dari segmen produk apartemen sementara untuk harga produk rumah tapak (landed house) naik tipis mencapai 0,64 persen,” ujarnya saat menjadi pembicara di AskGuru Webinar: Review Property Market Q1 2021 di Tengah Upaya Kebangkitan Ekonomi Nasional.

Bila di-breakdown, penurunan harga untuk segmen apartemen mencapai 2,3 persen. Penurunan indeks gabungan untuk produk rumah dan apartemen sendiri secara kuartal masih terjadi di sejumlah provinsi besar, misalnya di Jakarta turun 0,4 persen, Jawa Timur 1,64 persen, dan penurunan terbesar terjadi di Yogyakarta sebesar 4,21 persen.

Sementara itu indeks  untuk suplai properti mengalami kenaikan secara kuartal sebesar 8,4 persen dibandingkan periode Q4 tahun 2020. Penurunan ini juga membuat jumlah suplai unit apartemen mencapai 1,6 persen dengan Jakarta menyumbang penurunan mencapai 32 persen, Jawa Barat 30 persen, dan Banten 17 persen.

Di sisi lain, pencarian rumah yang masuk ke laman Rumah.com juga terus meningkat hingga 100 persen selama pandemi ini. Marine menyebut, kenaikan pencarian properti terjadi di hampir semua area dengan wilayah Jawa Barat yang mencakup Bekasi dan Bogor menjadi area pencarian tertinggi.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Secara persentasenya, 56 persen mencari rumah pada segmen harga di bawah Rp1 miliar dan 47 persen dilakukan untuk harga maksimal Rp750 juta. Satu hal yang menarik, ada 22 persen pencarian untuk rentang harga Rp1,5 miliar-Rp4 miliar yang artinya segmen miliaran ini masih cukup besar indeks pencariannya.

Di sisi lain, konsumen juga perlu terus diedukasi terkait tingkat daya beli maupuan kemampuan mencicilnya. Misalnya, ada cukup banyak pencarian di harga Rp700 jutaan namun mencari di wilayah Jakarta Selatan sehingga tidak cocok. Di Rumah.com ada banyak tools yang bisa memandu pengunjung terkait daya beli maupun produk yang tepat yang bisa didapatkannya.

“Hal lainnya lagi, indeks harga yang menurun dan suplai yang terus meningkat ini menjadi timing yang baik untuk property seeker segera membeli. Harga lagi terkoreksi dan banyak stimulus dari pemerintah maupun promo dari pengembang dan perbankan. Situasi ini harus dimanfaatkan karena belum tentu bisa seperti ini kalau tidak ada pandemi,” beber Marine.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *