SEOUL, iNews.id – Sebuah gedung berlantai lima tiba-tiba runtuh ketika sedang dalam proses demolisi atau pembongkaran, dan jatuh ke jalan yang sibuk di Korea Selatan, Rabu (9/6/2021). Akibat peristiwa itu, sedikitnya sembilan orang tewas dan delapan lainnya luka-luka.

Bangunan itu berada di Kota Gwangju, sekitar 270 kilometer sebelah barat daya ibu kota Korsel, Seoul. Penyebab gedung runtuh masih belum jelas, kata para pejabat di Markas Besar Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Gwangju.

Menurut pihak berwenang, reruntuhan gedung itu mengubur sebuah bus yang berada di dekat lokasi konstruksi.

Pada pukul 20.25 waktu setempat, ada total 17 orang terkena dampak kecelakaan itu, kata petugas pemadam kebakaran. Di antara korban itu terdapat sembilan orang yang dipastikan tewas. Sisanya yang delapan orang lagi mengalami luka berat dan telah dilarikan ke rumah sakit.

Di masa lalu, Korea Selatan dikenal memiliki catatan keamanan yang buruk dalam hal infrastrukturnya. Pada 1995, sebuah department store di negara itu runtuh hingga menewaskan lebih dari 500 orang. Setahun sebelum itu, ada insiden jembatan runtuh yang menewaskan 49 orang. 

Akan tetapi, negeri ginseng dalam beberapa tahun terakhir terus mencoba untuk meningkatkan catatan keamanannya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *