JAKARTA, iNews.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal meminta insentif kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk sektor hulu migas. Hal ini dilakukan untuk mendorong investasi di sektor tersebut. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, Kementerian ESDM sedang mempersiapkan satu proposal kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk bisa memberikan keringanan fiskal untuk diberikan kepada kontraktor. Pasalnya, kebanyakan pemain besar sektor minyak dunia sudah mulai mengurangi belanja modalnya (capital expenditure/capex) untuk melakukan investasi besar.

“Ini yang harus kita antisipasi. Kita sedang mempersiapkan satu proposal ke Kemenkeu untuk bisa memberikan keringanan fiskal lebih lanjut dan akan kita bahas rapat internal dengan Kemenkeu, di mana di situ terkait masalah seperti perpajakan dan wilayah usaha yang harus diupayakan untuk mendukung target 1 juta barel per hari,” katanya dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Rabu (2/6/2021).

Arifin menjelaskan, target lifting dan program lifting minyak dari tahun ke tahun cenderung menurun. Hal ini disebabkan kondisi sumur yang sudah menurun produktivitasnya. 

“Ini yang menyebabkan sumur-sumur tua ditinggalkan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sebelumnya,” ujar dia.

Editor : Jujuk Ernawati





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *