JAKARTA, iNews.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, perbankan pelat merah akan mendukung program net zero emission atau bebas karbon melalui pembiayaan. Selain, tetap memasifkan kredit kepada masyarakat, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Kita di Himbara, kemarin juga baru dipresentasi, bagaimana keberpihakan Himbara tidak hanya yang green, tetapi basic ekonomi kepada masyarakat. Apakah yang namanya KUR, PNM Mekaar buat ibu-ibu tanpa agunan, itu yang harus kita pastikan juga,” kata Erick, Rabu (28/7/2021). 

Meski Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) ikut andil dalam program bebas karbon hingga 2060 mendatang, Erick enggan membeberkan skema pembiayaan yang dimaksud. 

Dia menegaskan, net zero emission bisa menjadi sebuah gaya hidup (lifestyle) ke depannya. Meski begitu, income atau pendapatan masyarakat pun menjadi fokus Himbara, sehingga pendapatan masyarakat Indonesia diharapkan mengalami kenaikan di masa mendatang.

Karena itu, Bank BUMN tetap difokuskan pada segmentasi nasabahnya. Terutama, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

“Kalau kita bicara lifestyle yang lebih tinggi, kita juga pastikan income masyarakat kita juga harus tinggi. Education kita harus tinggi. Nah, ini kita punya waktu, kita tidak terburu-buru, jadi jelas Himbara sangat mendukung (bebas karbon), tetapi basic kepada kehidupan masyarakat secara ekonomi juga dalam keadaan yang baik,” tuturnya.

Editor : Jujuk Ernawati





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *