JAKARTA, iNews.id – Maskapai milik negara Garuda Indonesia dan anak usahanya yang melayani penerbangan bertarif rendah, Citilink akan difokuskan untuk menggarap pasar domestik.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, langkah ini sudah dibicarakan dengan manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) sejak Januari 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Berdasarkan data, penerbangan saat ini didominasi penerbangan domestik.

Turis lokal memberikan kontribusi kepada ekonomi Indonesia sebesar 78 persen Rp1.400 triliun. Sedangkan turis mancanegara hanya 22 persen atau sekitar Rp300 triliun. 

“(Kontribusi) lokal turis itu mencapai Rp1.400 triliun, sedangkan turis asing hanya 22 persen atau sekitar Rp 300 triliun. Kalau kita berbisnis ya jelas ini marketnya karena Indonesia juga negara kepulauan,” kata Erick di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (2/5/2021).

Dia menilai, langkah tersebut merupakan terobosan paling realistis untuk menyelamatkan industri penerbangan pelat merah. Sebab, kedua maskapai ini mempekerjakan setidaknya 1.300 pilot dan awak kabin serta 2.300 pegawai.

Editor : Jujuk Ernawati





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *