loading…

PALEMBANG – Janji untuk melakukan pembenahan Sungai Musi, diseriusi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil . Dia bahkan terjun langsung ke kawasan Sungai Musi, untuk mewujudkan janjinya tersebut.

Baca juga: ADPMET Tuntut Pusat Transparans, Ridwan Kamil: Dana Bagi Hasil Migas Masih Bermasalah

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menangih janji Ridwan Kamil yang akan membenahi Sungai Musi. Selain mendesain kawasan Sungai Musi, Deru juga meminta Ridwan Kamil mendesain ulang Islamic Center dan Pasar Cinde yang merupakan pasar legendaris di Palembang.

Didampingi Deru, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu berjalan menyusuri kawasan bantaran Sungai Musi yang banyak dipenuhi pedagang kaki lima. Tiba di satu titik, Kang Emil berbincang dengan Herman Deru di atas perahu sambil melihat-lihat area di sekelilingnya.

Baca juga: Banyumas Gempar, Pemuda Tewas Berkeping-keping Usai Dihantam KA Serayu

Kang Emil dan Deru kemudian beranjak dan masuk ke dalam kapal lalu berlayar ke Pulau Kemaro. Di atas kapal, Kang Emil dan Deru kembali berbincang soal potensi wisata dan sejarah Sungai Musi. Keduanya pun tampak serius membahas potensi wisata yang dapat dikembangkan di pulau yang terkenal dengan pagoda sembilan tingkatnya itu.

Menurut Kang Emil , Sungai Musi merupakan kekayaan alam yang luar biasa yang dimiliki oleh Sumsel, khususnya Palembang. Karenanya, Kang Emil berharap, Sungai Musi ke depan menjadi tempat yang nyaman untuk warga dan wisatawan yang berkunjung ke Palembang.

Datangi Langsung Sungai Musi Bersama Gubernur Sumsel, Ridwan Kamil Terbayang Istanbul

“Kekayaan Palembang ini kan Sungai Musi ini. Kalau tidak ada karya yang spektakuler di pinggir sungainya kan sayang karena potensinya luar biasa,” ungkap Kang Emil , Kamis (3/6/2021). Baca juga: Banyumas Gempar, Pemuda Tewas Berkeping-keping Usai Dihantam KA Serayu

Meski begitu, Kang Emil mengaku, masih butuh waktu untuk mematangkan konsep pembenahan Sungai Musi. Menurutnya, survei lapangan yang dia lakukan menjadi bagian tahapan mendesain sebelum konsep tersebut benar-benar hadir. “Konsep belum lah, teori mendesain itu kan survei, melamun, nunggu ide datang,” ujarnya.

Meskipun belum mengantongi konsep, namun Kang Emil menekankan bahwa tidak banyak kota yang dilewati sungai besar dan lebar seperti Sungai Musi. Dia pun terbayang konsep arsitektur di Istanbul, sebuah kota di Turki yang menurutnya luar biasa. “Di Istanbul, contohnya arsitekturnya bercampur dengan sungai luar biasa. Perahu-perahunya diidesain banyak pilihan dan unik,” sebutnya.

Datangi Langsung Sungai Musi Bersama Gubernur Sumsel, Ridwan Kamil Terbayang Istanbul



Source link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *