JAKARTA, iNews.id – Harga sewa armada pesawat yang ditetapkan perusahaan penyewa atau lessor kepada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, tercatat paling mahal di dunia. 

Menurut Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga, nilai harga sewa armada pesawat yang diberikan lessor kepada Garuda Indonesia bukan main mahalnya, karena mencapai 60 persen. Meski demikian, harga sewa tersebut tetap disetujui oleh dua mantan Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia, yakni Emirsyah Satar dan Ari Askhara. 

“Kita tahu bahwa Garuda Indonesia kondisinya seperti ini karena penyewa pesawat ugal-ugalan di masa yang lalu, dan ini dari Dirut-nya, karena mereka setuju menyewa pesawat dengan harga mahal,” ujar Arya, Kamis (10/6/2021). 

Pemegang saham mencatat, ada beberapa penyebab utama maskapai penerbangan nasional di ambang kebangkrutan, diantaranya akibat harga sewa pesawat yang mahal. 

Arya menuturkan, dari 36 lessor yang menjadi mitra Garuda,sebagian memasang harga sewa pesawat mahal dan sebagian lainnya terlibat dalam kasus korupsi sebelumnya.

Editor : Jeanny Aipassa





Sumber Berita

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *