Ada 11 Ribu Rumah Untuk ASN Berbunga Mulai 5 Persen
Ada 11 Ribu Rumah Untuk ASN Berbunga Mulai 5 Persen

RumahCom – BP Tapera menggandeng Bank BTN dan Perum Perumnas untuk menyediakan perumahan bagi kalangan ASN. Ada 11 ribu unit rumah yang disediakan di Kota Lampung untuk ASN dengan pembiayaan dari Tapera melalui Bank BTN, bunga yang diterapkan juga ringan mulai 5-7 persen dengan tenor hingga 30 tahun.

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) terus bekerja untuk mengoptimalkan penyaluran dana yang dikelolanya guna pembiayaan perumahan. Pada tahap awal ini, BP Tapera akan membiayai perumahan untuk kalangan aparatur sipil negara (ASN).

Program KPR untuk ASN ini dilakukan BP Tapera dengan menggandeng Bank BTN yang merupakan bank BUMN dengan fokus pembiayaan perumahan. Instansi lainnya yang digandeng yaitu Perum Perumnas, BUMN lain yang bergerak di bidang penyediaan produk perumahan.

“Tapera, Bank BTN, dan Perumnas telah menyiapkan sebanyak 11 ribu unit rumah untuk kalangan ASN yang akan dibiayai melalui KPR Tapera. Untuk tahap awal produk huniannya dari Perumnas, jadi ASN yang telah memenuhi syarat silahkan mendaftar dan akan dipastikan bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan ini,” ujar Adi Setianto, Komisioner BP Tapera.                                                                                                    

Adapun beberapa syarat ASN yang bisa mendapatkan program KPR Tapera antara lain, harus menjadi  peserta Tapera aktif dan lancar membayar iuran selama setahun terakhir. Untuk tipe rumahnya mulai harga Rp112 juta hingga maksimal Rp229 juta, ini syarat yang sama untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mendapatkan program subsidi perumahan dari pemerintah.

Nantinya, ASN yang mendapatkan fasilitas ini akan mendapatkan bunga ringan sesuai kriteria kelompok gajinya. Misalnya, kelompok penghasilan Rp4 juta akan mendapatkan bunga KPR lima persen dengan tenor maksimal mencapai 30 tahun. Untuk penghasilan di atas Rp4 juta hingga Rp6 juta akan mendapatkan bunga enam persen dengan tenor 20 tahun.

Sementara kelompok penghasilan di atas Rp6 juta hingga maksimal Rp8 juta bisa mendapatkan bunga KPR tujuh persen dengan tenor 20 tahun. Untuk tahap pertama 11 ribu unit rumah ini akan menyediakan proyek perumahan yang dibangun Perumnas di Kota Lampung yang bernama Samesta Pesawaran Residence.

Menurut Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro, rumah yang dibangun Perumnas di Lampung ini memiliki banyak kelebihan diantaranya dikembangkan dengan konsep transit oriented development (TOD) karena terintegrasi dengan transportasi publik yang akan memudahkan penghuni ke manapun tanpa perlu memiliki kendaraan pribadi.

“Kami akan terus berkontribusi khususnya menyediakan perumahan yang dibutuhkan masyarakat banyak dan menjalin kerja sama strategis seperti dengan BP Tapera. Kami juga memiliki beragam proyek lain seperti Samesta Dramaga Bogor, Samesta Pasadana Bandung, Samesta Griya Martubung Medan, Samesta Jeruk Sawit Permai Solo, hingga Samesta Griya Karangpawitan Garut yang cocok untuk keluarga muda,” bebernya.

Investasi di kampung halaman bisa menjadi pilihan tepat yang menguntungkan. Lalu gimana caranya? simak videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *