1.805 Unit Rumah Di Kabupaten Bandung Dapat Jatah Program Bedah Rumah
1.805 Unit Rumah Di Kabupaten Bandung Dapat Jatah Program Bedah Rumah

RumahCom – Program bedah rumah kembali dilakukan Kementerian PUPR di wilayah Kabupaten Bandung. Program ini bisa disinkronkan dengan program perumahan pemerintah daerah sehingga bisa lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu huniannya menjadi lebih sehat dan nyaman.

Program Bantuan Stimmulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus dikerjakan dan telah merambah berbagai wilayah Indonesia. Kali ini, program yang disebut bedah rumah ini dilakukan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk sebanyak 1.805 unitrumah tidak layak huni (RTLH).

Menurut Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana, pada tahun 2021 ini Kabupaten Bandung dialokasikan program BSPS dengan dilakukan prosesi serah terima buku tabungan penerima bantuan program BSPS secara simbolis untuk 1.805 penerima.

“Kegiatan serah terima buku tabungan ini sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban sesuai dengan prinsip akuntabilitas yang melekat pada kegiatan program BSPS ini. Dana program BSPS ini sebesar Rp20 juta setiap rumah dengan perincian Rp17,5 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk jasa tukang,” ujarnya.

Pelaksanaan program bedah rumah di Kabupaten Bandung sendiri dilakukan di 29 kecamatan dann 95 desa. Program ini juga memiliki beberapa fungsi selain menyediakan hunian yang lebih baik untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), penataan kawasan kumuh, hingga untuk menjadi penggerak roda perekonomian pada tingkat desa dengan program bantuan yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Menggerakkan roda perekonomian ini juga menjadi lebih penting saat situasi pandemi Covid-19 khususnya di tingkat desa. Dengan program BSPS ini bisa memberikan lapangan pekerjaan di tingkat desa hingga kecamatan. Program BSPS sendiri dilaksanakan berdasarkan UU No. 11 Tahun 2011 yang dilakukan dengan prakarsa masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan serah terima buku tabungan penerima BSPS tahun anggaran 2021 ini untuk memberikan semangat kepada kita semua supaya mampu mewujudkan rumah layak huni di Kabupaten Bandung dan terus mendorong munculnya keswadayaan sehingga jumlah rumah tidak layak huni di daerah-daerah terus berkurang,” imbuh Dadang.

Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan pemerintah pusat untuk program bantuan perumahan dan ini sejalan dengan program perumahan Kabupaten Bandung yang menggelontorkan dana hampir Rp9 miliar untuk perbaikan sebanyak 465 unit rumah masyarakat.

“Program BSPS ini mampu mengubah rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi tempat tinggal yang lebih nyaman, sehat, dan layak huni. Kami berharap ke depan bisa semakin banyak program ini dilakukan khususnya di Kabupaten Bandung untuk mengurangi jumlah RTLH,” imbuhnya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah



Sumber Link

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *